Pengenalan eLearning dalam Pembelajaran

eLearning dalam Pembelajaran

eLearning adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam eLearning, anda dapat belajar dari mana saja dan kapan saja dengan bantuan perangkat elektronik seperti laptop, tablet, atau smartphone.

eLearning juga dapat di artikan sebagai metode pelatihan yang memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan materi pelatihan dan pengajaran kepada karyawan secara online. Dalam era digital saat ini, eLearning menjadi alternatif yang efektif dan efisien untuk mengurangi biaya pelatihan dan perjalanan serta meningkatkan efisiensi belajar karyawan.

Learning dan eLearning

Ketika membahas mengenai eLearning, tentu tak terlepas adanya learning atau pemebelajaran. Pada buku Dr. Alex Denni dalam karyanya yang berjudul Learning 5.1″ menerjemahkan learning sebagai proses memperoleh pengetahuan, perilaku, keterampilan, atau nilai-nilai yang baru dan berbeda. Secara alamiah, proses ini dialami manusia agar tetap bertahan hidup (survive) dan berkelanjutan (sustainable). Menurutnya, learning juga mendefinisikan makna yang lebih luas yakni sebagai titik balik transformasi dari keahlian lama ke keahlian baru, dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru, dan dari pola pikir lama ke pola pikir baru.

Untuk dapat membantu meningkatkan keahlian dan kemampuan secara fleksibel dan efektif, dan memberikan pemahaman dan keterampilan baru ditengah era rovolusi industri yang semkain cepat berubah, dan tuntutan industri maupun berbagai sektor lain yang menginkan keahlian baru, maka sudah tentu karyawan, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum menyiapkan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan.

Program pembelajaran dan pelatihan melalui eLearning

Era sekarang untuk dapat mengikuti program-program pelatihan, anda tidak perlu lagi harus datang secara online mengikutinya berhari-hari, maupun harus workshop yang mana waktu penyelenggaraan sudah ditentukan. eLearning hadir untuk membantu meningkatkan keahlian dan kemampuan secara fleksibel dan efektif, tanpa harus meninggalkan pekerjaan, aktivitas pendidikan, dan kegiatan lain.

eLearning juga mengacu pada penggunaan media dan teknologi elektronik untuk menyampaikan program pembelajaran dan pelatihan. Sehingga metode ini juga dapat mencakup penyelenggaraan kursus online, webinar, ruang kelas virtual, dan banyak lagi.

Keuntungan Menggunakan eLearning untuk Pelatihan

  1. Mengurangi biaya pelatihan dan perjalanan karena tidak memerlukan ruang kelas dan instruktur secara fisik.
  2. Meningkatkan efisiensi belajar karena dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan jadwal anda.
  3. Memungkinkan anda untuk memilih materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan minat, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran.

Bagikan Artikel

Penulis:

Rulas Agustiar
Februari 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

error: Alert: Content selection is disabled!!