1. Beranda
  2. Artikel
  3. Membangun Ketangguhan Bisnis Melalui Manajemen Risiko ISO 31000:2018

Membangun Ketangguhan Bisnis Melalui Manajemen Risiko ISO 31000:2018

Membangun Ketangguhan Bisnis Melalui Manajemen Risiko ISO 31000:2018

Manajemen Risiko ISO 31000:2018

Dalam era ketidakpastian yang semakin meningkat, tantangan terbesar bagi perusahaan adalah mengelola risiko secara efektif. Manajemen risiko tidak hanya tanggung jawab unit risiko, tetapi menjadi inti dari strategi bisnis yang berkelanjutan. Di tengah dinamika global yang terus berkembang, standar seperti ISO 31000:2018 telah menjadi pedoman penting bagi organisasi dalam menghadapi risiko dengan cara yang terstruktur dan efektif.

 

Ketika melangkah dalam dunia bisnis, tidak ada jaminan kesuksesan tanpa menghadapi risiko. Namun, risiko yang tidak dikelola dengan baik dapat menjadi batu loncatan bagi pertumbuhan dan kelangsungan bisnis. Inilah mengapa manajemen risiko telah menjadi inti dari strategi bisnis yang berkelanjutan. Dengan menerapkan pendekatan yang terstruktur dan sistematis terhadap manajemen risiko, perusahaan dapat membangun ketangguhan yang memungkinkan mereka untuk tetap maju dalam menghadapi tantangan yang beragam di era global yang dinamis.

Bisnis yang berisiko seringkali menjadi pusat perhatian dalam dunia kewirausahaan, karena menghadapi tantangan yang kompleks dan ketidakpastian yang tinggi. Dalam mengelola risiko, pengusaha harus siap menghadapi berbagai kemungkinan, mulai dari fluktuasi pasar hingga persaingan yang sengit. Memahami dan mengelola risiko dengan bijaksana menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis yang berisiko. Sebuah artikel dari “the place and role of risks in the economic activity of an entrepreneur“, membahas secara mendalam bagaimana seorang pengusaha dapat secara efektif menghadapi risiko dengan menerapkan sistem manajemen risiko yang kuat, mengubah tantangan menjadi peluang pertumbuhan melalui strategi inovatif dan pengambilan keputusan proaktif. Artikel tersebut memberikan wawasan berharga tentang strategi-strategi yang dapat diadopsi oleh pengusaha dalam mengelola risiko dan menghadapi ketidakpastian dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Manajemen Risiko ISO 31000:2018

Mengapa Manajemen Risiko Penting?

Manajemen risiko bukan hanya tentang menghindari bencana, tetapi juga tentang memahami, mengukur, dan mengelola risiko dengan cara yang meminimalkan dampak negatifnya sambil memaksimalkan peluang yang mungkin muncul. Dalam dunia bisnis yang terus berubah, manajemen risiko memungkinkan perusahaan untuk:

 

1. Mengidentifikasi risiko potensial

2. Mengambil keputusan

3. Mengurangi ketidakpastian

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Manfaat Adopsi ISO 31000:2018 dalam Manajemen Risiko Bisnis

Mengadopsi ISO 31000:2018 dalam manajemen risiko bisnis memberikan manfaat seperti meminimalisir risiko, menilai berbagai risiko, dan membantu pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif. Salah satu contoh penelitian yang dilakukan oleh Andika dalam jurnal yang berjudul “Manajemen risiko teknologi informasi menggunakan framework iso 31000:2018 pada PT. Trust Lerinvital Timur” memberikan kesimpulan bahwa pengadopsian ISO 31000:2018 membantu meminimalkan risiko TI, memberikan rekomendasi analisis risiko, dan meningkatkan kualitas perusahaan secara keseluruhan dalam aspek TI di perusahaan tersebut.

Manajemen risiko adalah aspek penting dalam keseluruhan strategi bisnis yang membantu perusahaan menghadapi tantangan yang kompleks dan beragam di pasar yang terus berubah. Dengan menerapkan pendekatan yang terstruktur dan proaktif terhadap manajemen risiko, perusahaan dapat meningkatkan kestabilan, ketangguhan, dan kinerja bisnis dalam jangka panjang. ISO 31000:2018 merupakan alat yang kuat dalam membangun ketangguhan bisnis tersebut. Dengan mengikuti pedoman yang ditetapkan dalam standar ini, perusahaan dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko dengan lebih baik, yang pada akhirnya memungkinkan mereka untuk tetap relevan dan berkelanjutan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Penulis

Dita Nurul Khusna

Learning & Development at PT TAP Kapital Indonesia

Tak ditemukan hasil apapun.
Pelatihan Klasspro.id
Pelatihan Klasspro.id
error: Alert: Content selection is disabled!!